Tak terasa 2 minggu sudah kuliah pengantar ritel kulalui , semangat dan senang selalu
mengiringi pembelajaran walau kadang sedikit capek karena harus berpacu dengan
waktu dengan rutinitas sehari hari yang cukup menyita waktu dan tenaga tapi
tetap semangat . Banyak sekali pelajaran berharga yang kudapatkan yang selama
tidak pernah terpikirkan .Sekarang sudah sedikit lebih tahu tahapan tahapan
untuk menjadi seorang entrepreneur.Ternyata banyak perilaku entrepreneur yang
sering kita lupakan dan akhirnya membuat bisnis kita gagal alias tidak bertahan
lama.
Kreatifitas , inovasi dan peluang adalah 3 hal yang tidak bisa dipisahkan dan tentunya juga harus melalui verifikasi pasar terlebih dahulu untuk bisa melakukan STP yaitu segmenting ,targeting dan positioning.
Kreatifitas adalah ide ide kreatif yang tercipta tapi belum tentu bisa diterima pasar.Sedangkan inovasi adalah kreatifitas yang bisa diterima pasar tentunya yang mencangkup STP.Pelanggan adalah sumber inpirasi dan verifikasi untuk inovasi.Peluang bisa dibedakan menjadi 4 berdasarkan demand dan supply.OPPORTUNITY RECOGNITION bila demand dan supply sudah jelas dengan kata kunci mencari produk yang tepat, OPPORTUNITY SEEKING bila supply sudah jelas dan demand belum jelas dengan kata kunci mencari pasar yang tepat.OPPORTUNITY DISCOVERY bila supply belum jelas dan demand sudah jelas kata kunci solusi yang tepat dan harga yang tepat. OPPORTUNITY CREATING bila supply dan demand belum jelas kata kuncinya adalah imajinasi dan inovasi dalam perspektif pelanggan.
Hal yang paling kusuka dalam belajar retail adalah pada saat kudapatkan materi retail is detail.Ternyata selama ini yang sering kuperhatikan di supermarket hong kong semua memenuhi kriteria retail is detail,maklum hampir tiap hari nenekku mengajak jalan jalan kesupermarket dari ,welcome , park n shop apita . Dan aku paling suka dengan supermarket apita .Keluar dari lift sudah tersedia keranjang belanjaan dan selalu tertata dengan rapi karena petugas selalu merapikannya,Keranjangnya juga bersih ,disaat kita mencari barang yang kita inginkan dengan mudah sekali kita bisa temukan karena terpampang dengan jelas kategori barang yang kita cari.Dan satu hal yang sering ku perhatikan sama nenekku adalah pelayanan pegawainya , baik itu kasir atau pegawai yang ada didalam.Nenekku paling suka ngedumel bila pegawainya bermuka masam dan kerja yang lambat ,alasannya saya pelanggan punya uang kok dikasih muka masam, artinya pelanggan mau yang perfect alias detail sekali.
Kreatifitas , inovasi dan peluang adalah 3 hal yang tidak bisa dipisahkan dan tentunya juga harus melalui verifikasi pasar terlebih dahulu untuk bisa melakukan STP yaitu segmenting ,targeting dan positioning.
Kreatifitas adalah ide ide kreatif yang tercipta tapi belum tentu bisa diterima pasar.Sedangkan inovasi adalah kreatifitas yang bisa diterima pasar tentunya yang mencangkup STP.Pelanggan adalah sumber inpirasi dan verifikasi untuk inovasi.Peluang bisa dibedakan menjadi 4 berdasarkan demand dan supply.OPPORTUNITY RECOGNITION bila demand dan supply sudah jelas dengan kata kunci mencari produk yang tepat, OPPORTUNITY SEEKING bila supply sudah jelas dan demand belum jelas dengan kata kunci mencari pasar yang tepat.OPPORTUNITY DISCOVERY bila supply belum jelas dan demand sudah jelas kata kunci solusi yang tepat dan harga yang tepat. OPPORTUNITY CREATING bila supply dan demand belum jelas kata kuncinya adalah imajinasi dan inovasi dalam perspektif pelanggan.
Hal yang paling kusuka dalam belajar retail adalah pada saat kudapatkan materi retail is detail.Ternyata selama ini yang sering kuperhatikan di supermarket hong kong semua memenuhi kriteria retail is detail,maklum hampir tiap hari nenekku mengajak jalan jalan kesupermarket dari ,welcome , park n shop apita . Dan aku paling suka dengan supermarket apita .Keluar dari lift sudah tersedia keranjang belanjaan dan selalu tertata dengan rapi karena petugas selalu merapikannya,Keranjangnya juga bersih ,disaat kita mencari barang yang kita inginkan dengan mudah sekali kita bisa temukan karena terpampang dengan jelas kategori barang yang kita cari.Dan satu hal yang sering ku perhatikan sama nenekku adalah pelayanan pegawainya , baik itu kasir atau pegawai yang ada didalam.Nenekku paling suka ngedumel bila pegawainya bermuka masam dan kerja yang lambat ,alasannya saya pelanggan punya uang kok dikasih muka masam, artinya pelanggan mau yang perfect alias detail sekali.
di lanjut...nulisnya ya...saya tunggu ...:)
ReplyDelete