Tuesday, January 15, 2013

JR#1 : Kuliah dimulai


                   Akhirnya ku bisa kuliah impianku sejak dulu, sebuah impian yang tertunda karena tidak ada biaya.Akhirnya sekarang mimpiku tercapai ku bisa kuliah di Universitas Ciputra walaupun hanya distance learning tapi kucukup senang apalagi dengan mata kuliah entrepreneur . Karena UC dengan entrepreneurnya yang telah mengubah semua mindsetku tentang segala hal.
                   Kuliah dimulai tanggal 7 Januari 2013, tapi kami dari kelas B wali kelas bapak Teddy Saputra telah memulai kuliah dari tanggal 3 Januari 2013 karena bapak dosen takut waktunya tidak mencukupi jadi dimulai lebih awal. Mulai mengatur waktu dengan kesibukan sehari hari , disela sela kerja hp selalu on edmodo demi untuk mengikuti kuliah dari pak dosen .Tapi sayang baru sehari ikut kuliah malam kena demam,tidak tahan dengan cuaca yang extrim akhirnya KO. Paginya langsung ke dokter ingin cepat sembuh karena tidak mau ketinggalan mata kuliah. Walau badan masih belum fit benar tetap serius setiap pelajaran.Benar benar butuh tenaga extra dan managemen waktu yang baik karena berbarengan dengan kelas lanjutan mandiri sahabatku,tapi alhamdulillah bisa bagi waktu tugas bisa terselesaikan dengan baik.
                    Minggu ini dapat tugas untuk ekplorasi kelapangan melihat kondisi toko toko ritel . Cityplaza Taiko Shing jadi sasaran untuk survey. Banyak toko toko branded di situ tapi kebanyakan sepi , mungkin karena harganya yang sangat melambung tinggi , bukan karena design toko yang jelek atau pelayanan yang tidak memuaskan.Orang akan berpikir berkali kali untuk membeli barang yang begitu mahal kecuali untuk kalangan atas. itu untu produk fashion baju tas dan aksesorisnya. Untukk toko yang harga lumayan murah seperti bosini, giordano , h&m ,uniqlo tetap ramai pembeli walau tanpa desain yang terlalu bagus, tentunya tetap dengan pelayanan yang ramah.Untuk toko toko yang menjual makanan dari toko roti sampai restoran semua selalu ramai karena City plaza juga pusat perkantoran.
                     Pelajaran minggu ini tentang pengantar entrepreneur dan pengantar ritel.

Yang dimaksud dengan entrepreneurship adalah kemauan dan kemampuan kita dalam menciptakan peluang bisnis dan melaksanakannya. Sedangkan bisnis adalah proses kita dalam mewujudkannya.
KEMAUAN yang dimaksudkan adalah semangat  untuk melakukan bisnis yang akan kita lakukan nanti dan juga harus punya target.
KEMAMPUAN ,kemampuan mengatur diri sendiri ,kemampuan mengatur orang lain ,kemampuan menjalankan bisnis .Arti dari kata bisnis adalah memiliki product atau jasa kemudian menawarkan pada orang lain hingga orang lain mau membayar  dengan sejumlah uang dan mendapatkan keuntungan. 3 tahap kemampuan bisnis :
1.Kemampuan untuk mempunyai ,menghasilkan produk atau jasa bisa dilakukan dengan cara membeli produk orang lain atau mencipta sendiri produk atau jasa dengan kreasi sendiri.
2. Kemampuan untuk menawarkan produk dan jasa kepada orang lain . Atau bias dibilang melakukan promosi.
3.Kemampuan menerima uang hasil penjualan dan mengelolanya.Biar tidak terlena kita harus membuat catatan dan laporan keuangan.
4.Menciptakan peluang bisnis yaitu dengan melakukan inovasi yang akan ditawarkan ke orang untuk untuk mendapatkan perceive value.
PELAKSANAAN /EKSEKUSI, dengan cara membuat model perencanaan
bisnis meminimalkan resiko ,membuat model bisnis ,study jalan lalu pelaksanaan.
                     
3 hal pokok yang harus kita pelajari dalam mulai suatu bisnis adalah bagaimana kita memperoleh barang dan jasa , bagaimana kita menjualnya dan bagaimana kita mengelola uang hasil penjualan untuk proses selanjutnya.Untuk mendapatkan produk barang dan jasa bisa didapatkan dengan membuat sendiri , membeli dari orang lain ,atau mengambil dari alam.
Basic dari bisnis adalah kita punya produk untuk dijual dan untung.Dan untungnya harus meningkat sebagian disisihkan untuk membesarkan usaha. Dalam berbisnis kita tidak hanya bisa membuat atau memdapatkan produk dari orang lain tapi kita harus berpikir siapa yang akan membeli produk kita . Kita harus bisa menciptakan peluang salah satunya dengan menggunakan rumus TAKUTIRUKO . Dan produk kita harus BE NO 1, BE DIFFERENT ,AND BE BETTER.
Untuk menjadi seorang entrepreneur diperlukan PASSION yaitu sesuatu yg membuat kita sangat bergairah, sangat bersemangat, dan karena nya kita berani mengambil resiko terukur. Tanpa passion suatu bisnis tidak akan berjalan. Karena PASSION adalah bensin entrepreneur.

            

Bisnis adalah pertukaran value .Value adalah nilai dari produk barang atau jasa yang ditawarkan.Produk kita harus mengandung value bagi orang lain yang menjadi sasaran pasar kita ,agar orang itu memberikan value pada kita berupa uang yang kita harapkan.
Ada 3 tahap bisnis yang sangat penting yaitu kita harus memenuhi BASIC VALUE dan menciptakan VALUE CREATION (penciptaan nilai ),pada bisnis atau jasa kita serta harus bisa menambahkan VALUE ADDED (tambahan nilai ) pada bisnis kita.
Basic value adalah nilai dasar yang harus kita ciptakan ketika akan berbisnis Value creation adalah nilai yang harus kita ciptakan untuk mencapai target pasar kita yaitu dengan mengenali potensial market dan melakukan segmentasi pasar. Setelah melakukan segmentasi pasar kita bisa menambahkan value added pada bisnis kita dengan lebih kreatif dan inovatif, tentang apa saja value added yang dibutuhkan oleh target pasar kita.
UNIQLO yang selalu ramai karena harganya yang terjangkau dan selalu memberi diskon dijam jam tertentu ,juga pelayanan yang ramah ,dan mutu barang yang ok walau modelnya biasa saja.

GIORDANO cukup rame model ok pelayanan ok desain bagus

BOSSINI sama dengan giordano tidak pernah sepi

HABITU sebuah coffe shop ditengah tengah plaza yang tidak perah sepi pengunjung walau ,harganya lumayan mahal tapi dengan tempat yang nyaman free wifi pelayanan yang ramah sekali menjadikan tempat ini selalu ramai


GUESS termasuk branded sepi pembeli mungkin karena harga yang lumayan mahal sama dengan QUICK SILVER


                Kuliah baru dimulai tapi sudah banyak ilmu yang kudapatkan . Semakin semangat untuk mengikuti kuliah entrepreneur selanjutnya . Ingin segera memulai bisnis dengan ilmu entrepreneur yang kudapatkan . Yes siap menghadapi tantangan selanjutnya .


No comments:

Post a Comment