Thursday, March 7, 2013

JR#5 PENERAPAN 5R


5R adalah RINGKAS, RAPI , RESIK ,RAWAT, RAJIN, sebenarnya berasal dari budaya kerja orang jepang yaitu 5S yaitu Seiri , seiton , seiso , seiketsu, dan shitshuke.
Saya akan mencoba menerapkan 5R ditempat kerja saya.
1.RINGKAS 
Sebagian besar rumah orang hongkong adalah kecil tapi mereka suka membeli barang macem macem dan dalam jumlah yang banyak , saya sempat dipusingkan ,akhirnya saya mencoba untuk memilih miliih barang yang tidak terpakai , barang yang jarang dipakai dan yang sering digunakan.Seperti baju berhubung sekarang musim dingin jadi untuk sementara baju musim panas saya jadikan satu dalam satu box . Untuk barang yang sudah tidak terpakai saya buang atau kalau majikan masih mau saya simpan .
2.RAPI
setelah saya pilih dan kelompokkan semua barang mulai saya rapikan sesuai dengan jenis barang dan kegunaannya. baju baju yang jarang dipakai saya taruh di diatas lemari dalam satu box ,dan yang sering dipakai saya letakkan dilemari sesuai jenis kegunaanya , seperti pakaian tidur , pakaian dalam , celana kaos handuk dan seprei dilipat rapi dan dikelompokan agar terlihat rapi, mudah untuk mengambilnya sehingga majikan tidak perlu memanggil saya bila ingin mengambil karena gampang terlihat.
3. RESIK
Setelah semua barang saya kelompokkan saya beri label dan saya susun dengan rapi saatnya sekarang saya melakukan pembersihan , Pembersihan sangat mudah dilakukan karena tempat sudah ringkas dan rapi , pembersihan dilakukan dari langit langit sampai kolong kolong , tidak ada dedu sedikitpun.Dengan adanya R yang ketiga ini tentunya saya merasa lebih nyaman dalam berkerja, karena tempat lebih rapi ,lebih bersih dan tentunya akan semakin suka denga kita.
4.RAWAT
Ternyata setelah tiga tahapan tadi saya lakukan saya merasa lebih mudah melakukan perawatan .
5. RAJIN
Tahap yang terakhir ini lebih pada kesadaran karena dengan kita sudah melakukan 4 tahap ini kitan dengan sendiriny akan melakukan kerja tanpa diisuruh , damajikan juga sungkan bila dia akan membuang sampah sembarangan ,.
 

No comments:

Post a Comment