Monday, March 18, 2013

JR# 9 START UP BUSINESS

Minggu ke 9 ini tentang start up bisnis , setelah memahami semua materi akhirya saya bisa mengetahui ternyata bekerjasama dengan pesaing kita untuk mendapatkan pasar yang baru yang saling menguntungkan akan lebih baik daripada bersaing untuk mendapatkan pasar yang sesungguhnya sulit untuk dijangkau sendiri sendiri.Kerjasama yang seperti ini sering disebut dengan Coopeittion yaitu konsep kerjasama dan persaingan.
bisnis model kanvas
 Pelajaran kedua yang saya dapatkan adalah tentang kanvas bisnis adalah suatu konsep yang dibuat untuk awal perencanaan bisnis yang akan dilakukan afar kita bisa tahu apakah bisnis itu menguntungkan atau tidak dan kegiatan apa saja yang harus dilakukan agar bisnis itu tetap langgeng dan berkembang .
1.Costumer segment , kita harus tahu segment pasar yang kan kita bidik itu seperti apa,yaitu dengan melakukan segmentasi, targeting dan positioning.
2. Value preposition, kita harus bisa membuat sesuatu yang berbeda dengan pesaing kita bisa dari newness, design ,performance , price dll.
3. Setelah costumer segment kita ketahui ,  value preposition kita punya saatnya kita mempromosikan produk lalu menjual   yaitu lewat Channel bisa melalui force sales, web sales , own store ,partner store dll.
4.Costumer relationship, suatu cara memuaskan pelanggan agar menjadi pelanggan tetap kita , dengan memberi perhatian khusus kepada mereka agar mereka tidak berpaling dari produk kita.
5. Setellah 4 point diatas kita lakukan dengan baik tentunya kita mendapatkan pemasukan yang disebut Revenue stream
6.Untuk mendukung aktifitas bisnis dperlukan sumberdaya yang mendukung yang meliputi  phicycal asset, intelectual, human dan financial ini yang disebut Key resource
7. Key activities aktifitas yang dilakukan untuk menciptakan nilai bisnis  menjangkau pelanggan ,mempererat hubungan dengan pelanggan untuk memperoleh pendapatan. Melalui beberapa kategori yaitu  producing , problem solving dan platform /network.
8. Tentukan partner kita ,Key partner  ada 4 tipe partnership yaitu buyer supplier, strategic alliance between non competitor, coopetition dan joint venture. Keuntungan yang kita dapatkan adalah mengurangi biaya dan berbagi sarana,serta mengurangi ketidakpastian.
9. Cost stucture, membuat business model dan mencatat semua tipe cost structure ,melakukan economic of scale dan economic of scope.

No comments:

Post a Comment